KEMENTERIAN DALAM NEGERI BUKA LAUNCHING KAMPUNG GISA DESA KUTUH

  • 21 Februari 2019
  • Dibaca: 146 Pengunjung
KEMENTERIAN DALAM NEGERI BUKA LAUNCHING KAMPUNG GISA DESA KUTUH

GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi) merupakan program Pemerintah Republik Indonesia untuk mendorong penduduk agar tertib dan melengkapi diri dengan adaministrasi kependudukan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Badung memaksimalkan program pusat ini dengan membentuk program Kampung GISA. Kampung GISA dibuat sebagai embrio untuk menuju masyarakat Kabupaten Badung lengkap administrasi.

Kampung GISA menyasar ke pemerintahan di tingkat bawah yakni Desa dan Kelurahan, jadi untuk awalnya akan dipilih beberapa desa yang akan djadikan percontohan, salah satunya adalah Desa Kutuh. Diharapkan setelah diterapkan dan berjalan maksimal di desa yang telah ditetapkan sebagai Kampung GISA maka diharapkan seluruh Desa dan Kelurahan di Kabupaten Badung ini menjadi Kampung – Kampung GISA. Sehingga tujuan untuk meraih masyarakat Badung Lengkap Administrasi cepat terwujud.

Desa Kutuh kali ini mendapat kehormatan kembali untuk menjadi tempat di launchingnya Kampung GISA. Dimana, Kutuh menjadi salah satu desa yang mendapat kehormatan menyandang gelar tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Dirjen DUKCAPIL Kementerian Dalam Negeri RI, Kepala Dinas DUKCAPIL  Kabupaten Badung, Ketua DPRD Kabupaten Badung, DPMD Kabupaten Badung, Camat Kuta Selatan, Bendesa Adat Kutuh, Ketua BPD Kutuh, Perangkat Desa, dan warga masyarakat Desa Kutuh.

Kegiatan launching Kampung GISA di tandai dengan pemukulan Gong oleh sekretaris Dirjen DUKCAPIL Kementerian Dalam Negeri.

Dalam kegiatan ini juga dirangkai dengan pelayanan administrasi jemput bola yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Badung. Pelayanan jemput bola yang dilakukan adalah pembuatan KK, EKTP, Akta Kelahiran, dan Akta Pernikahan.

Warga Desa Kutuh berduyun – duyun datang untuk melengkapi administrasi dirinya melalui program jemput bola ini. Namun, karena ada beberapa kendala teknis akhirnya pada siang hari, beberapa pencetakan akan dilakukann di Kantor DUKCAPIL Badung, dan didistribusikan melalui Kepala Lingkungan di Desa Kutuh. 

Sekretaris Jendral Dirjen DUKCAPIL Kementerian Daam Negeri Ir. Gede Suratha, MMA mengatakan bahwa Pemerintah saat ini telah melakukan berbagai upaya agar masyarakat dapat dengan mudah dalam melakukan segala kepengurusan administrasi kependudukan.

“Salah satunya adalah program aplikasi AKU BOS yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Badung, dimana masyarakat dapat mengurus adiministrasi melalui perangkat handpone, selanjutnya akan diberikan pemberitahuan untuk ke kantor CAPIL dengan membawa dokumen asli”, Ujar Suratha.

  • 21 Februari 2019
  • Dibaca: 146 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita