KUTUH SELENGGARAKAN PEMILIHAN LANGSUNG ANGGOTA BPD

  • 30 April 2019
  • Dibaca: 40 Pengunjung
KUTUH SELENGGARAKAN PEMILIHAN LANGSUNG ANGGOTA BPD

Minggu, 28 April 2019, Desa kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung melalukan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), menggunakan sistem pemilihan langsung oleh masyarakat Desa Kutuh.

Adapun peserta dari calon anggota BPD adalah keterwakilan dari masing-masing Banjar  dinas dan ditambah keterwalikan perempuan yang diambil dari keempat Banjar  dinas, adapapun jumlah dari masing-masing peserta Banjar  dinas sebanyak empat orang untuk calon laki-laki dan 8 orang perempuan dari keempat Banjar  dinas, calon dari masing-masing Banjar  dinas mencalonkan diri dalam rapat penjaringan calon anggota BPD kutuh.

Selanjutnya calon anggota BPD melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan dan diverifikasi oleh panitia pemilihan BPD. Menurut ketua panitia pemilihan I Nyoman Camang menuturkan bahwa semua calon pada dasarnya harus memiliki komitmen dalam mewujudkan desa dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, serta mampu bekerja sama dengan perbekel jika terpilih nanti.

Untuk menenentukan jumlah pemilih panitia melakukan beberapa langkah-langkah. Pertama, Panitia mengeluarkan daftar pemilih sementara selanjutnya akan diverifikasi oleh masing-msing kepala lingkungan, dan kedua setelah di verifikasi oleh masing-masing kepala lingkungan dihasilkan DPT yang selanjutnya akan menjadi acuan dalam pemilihan nanti.

Pada hari senin, 15 April 2019 dilakukan pengundian nomor urut untuk masing-masing calon yang nantinya akan digunakan pada surat suara dan alat peraga kampanye. Peserta diperbolehkan melakukan kampanye dari tanggal 16-26 April 2019, pasca ditetapkan nomor urut.

Sabtu, 27 April 2019 merupakan hari tenang dimana masing-masing calon tidak diperkenankan melakukan kampanye lagi untuk menjaga stabilitas sebelum pemilihan.

Minggu, 28 april 2019, pemilihan anggota BPD dilakukan serentak di setiap TPS, Desa Kutuh.

Adapun masing-masing TPS berlokasi dimasing-masing banajr yaitu: TPS 1 di Banjar  Pantigiri, TPS 2 diBanjar  Kaja Jati, TPS 3 di Banjar  petangan, TPS 4 di banajr Jabapura

Pemilihan berjalan dengan tertib dan lancar dengan prosentase partisipasi pemilih 65 persen dari total DPT yang berjumlah 3603 pemilih.

Pemilihan langsung anggota BPD menarik perhatian camat kuta selatan I Made Widiana, S.Sos, MSi untuk melakukan peninjauan langsung ke masing-maing TPS. Beliau mengapresiasi pemilihan ini, dimana desa kutuh sudah menujukkan kedewasaan dalam berdemokrasi.

“saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan bapak Perbekel beserta jajaranya sehingga pesta demokrasi ditingkat desa ini berjalan dengan lancar, bahkan ini merupakan yang pertama di kuta selatan, selamat untuk desa kutuh”, ujar widiana.

  • 30 April 2019
  • Dibaca: 40 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita