JOKOWI NILAI DESA KUTUH BERHASIL WUJUDKAN CITA-CITA PROGRAM DANA DESA

  • 18 Mei 2019
  • Dibaca: 650 Pengunjung
JOKOWI NILAI DESA KUTUH BERHASIL WUJUDKAN CITA-CITA PROGRAM DANA DESA

Jumat, 17 Mei 2019 didampingi oleh Perbekel, Bendesa Adat, Bupati Badung, dan Gubernur Bali, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo meninjau pemanfaatan Dana Desa di Desa Kutuh. Kunjungan ini menitikberatkan pada arah penggunaan dana Desa dan manfaatnya untuk keberlangsungan masyarakat pedesaan.

Sebelumnya I Made Wena sebagai Bendesa Adat Kutuh menyampaikan bahwa komitmen Desa Kutuh untuk mengembangkan kawasan Sport Tourism dan menjadikan desa kutuh sebagai Kampung Bola sangat besar. Ini ditandai dengan Dana Desa yang di kucurkan melalui Pemerintahan Desa Kutuh untuk pembuatan lapangan I Ketut Lotri. Setelah itu Desa Adat melalui Dana pengembangan Bumda kembali memploting dana sebesar 5 Millyar untuk peningkatan infrastruktur pendukung (tribun, ruang ganti, dll)

Senada dengan Wena, Kepala Desa Kutuh I Wayan Purja mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena telah meluncurkan program dana desa ini. Dimana, dana desa di Kutuh menjadi stimulasi yang baik bagi perkembangan Desa. "Kami yakinkan kepada bapak Presiden, Bahwa instruksi bapak untuk membangun dari pinggiran sudah terbukti berhasil, khususnya bagi kamk di Kutuh", Ujar Purja di hadapan Presiden.

Di hadapan para awak media, Presiden yang akrab disapa Jokowi ini menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Desa Kutuh memanfaatkan dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat guna meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Ini yang merupakan salah satu desa yang berhasil betul memanfaatkan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat, dengan mengembangkan kelebihan yang dimiliki, yakni desa wisata yang konsentrasinya sport tourisme. Misalnya menyewakan lapangan bola untuk latihan, untuk kompetisi internasional, untuk paralayang yang setahun bisa menghasilkan Rp 800 juta. Sehingga desa sendiri memiliki revenue per tahun Rp 50 miliar. Coba bayangkan," puji Jokowi.

Dengan antusias lebih jauh, Jokowi mengharapkan pengembangan ini bisa ditiru desa-desa lain di Indonesia, sehingga pemanfaatan dana desa bisa tepat sasaran dan tepat guna

"Ini yang bagaimana dana desa itu bisa men-trigger ekonomi, sehingga masyarakat bisa benar-benar merasakan manfaatnya. Dan ini sebetulnya bisa di-copy (ditiru,red) di tempat-tempat lain, seperti Sumatera dan Jawa yang memiliki kemiripan, sebagai sebuah model keberhasilan manajemen pengelolaan dana desa untuk kemanfaatan masyarakat " ungkap Jokowi

Kawasan Sport Tourism yang sedang dikembangkan oleh Desa Kutuh dalam waktu dekat akan menjadi tempat diselenggarakannya event Internasional Badung IFC bekerjasama dengan yayasan Go Bola Bali. Dimana pesertanya berasal dari berbagai negara.

  • 18 Mei 2019
  • Dibaca: 650 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita